Pekan Raya Jakarta, dari Mobil Balap sampai Kerak Telor

Pengalaman Pertama ke Pekan Raya Jakarta

Pekan Raya Jakarta 2011 yang juga akrab disebut Jakarta Fair 2011 menjadi ajang ketemunya para penjual dan pembeli dalam satu arena pekan raya  terbesar bahkan se dunia bisa jadi. Manusia tumpah ruah dan tentunya uang bertrilyun-trilyunan rupiah pun ikut bertaburan di mana-mana berputar dalam transaksi.

Ini adalah kesempatan pertama saya, sejak berada di kota Jakarta, kota jutaan manusia, jutaan gedung berlalu lalang. Kesempatan di dua hari (09/07) terakhir pun tak saya sia-siakan untuk memanjakan mata dan raga menyaksikan event tahunan ini yang menyedot perhatian luar biasa penduduk Jakarta bahkan seluruh Indonesia. Bule-bule luar pun tumpah ruah di ajang Pekan Raya Jakarta ini. Akhirnya saya pun menceritakan pengalaman pertama ini dalam blog ini.

Awalnya saya berfikir event ini tak lebih dari pameran biasanya, atau sekedar memindahkan outlet di mall ke dalam sebuah pameran. Namun ternyata, berbeda jauh dari ekspektasi yang saya bayangkan.

Yaik… akhirnya ke PRJ!

Pekan Raya Jakarta ini berlangsung di Jakarta International Expo (JIExpo) dan pelatarannya, hingga ke Gambir Expo. Tiket yang dibrandol seharga 25.000 rupiah untuk hari Sabtu dan Minggu sangat worthed banget untuk event PRJ ini, karena selain banyak mendapatkan diskon juga ada kesempatan mendapatkan berlimpah hadiah dari stand dan penyelenggara sendiri.

Mulai dari Pameran otomotis, komputer, pakaian, juga pameran masing-masing daerah mengenai profil dan keunggulan daerah se-Indonesia pun tampil dalam Pekan Raya Jakarta serta banyak lagi pertunjukan di panggung utama dengan artis-artis Ibukota terkenal.

pekan raya jakarta snackSnack yang dikumpulkan dalam satu plastik dihargai 10.000 rupiah yang dijajakan oleh salah satu penyedia makanan ringan yang berada di setiap jalan pun rame dibeli. Kapan lagi mendapatkan snack yang jikalau dibeli di luar pasti lebih murah walaupun itu beberapa rupiah saja.

Panaboard dari Panasonic yang sudah berkembang pesat menjadi layar sentuh. Layar seperti ini tentunya akan lebih memudahkan bagi pengajaran maupun meeting di kantor ketika menyajikan data tidak harus berhadapan dengan komputer atau laptop cukup dengan sentuhan di layar panaboard sudah bisa mengendalikan mousenya.

Otomotif dan Hiburan

Pameran otomotif dari perusahaan penyedia kendaraan bermotor ini juga menjadi pusat perhatian, selain memberikan hadiah, penampilan para SPGnya yang cantik juga menyelenggarakan hiburan yang mengundang perhatian pengunjung. Artispun juga didatangkan dalam stand-stand otomotif untuk mengadakan kuis, lomba, dan hiburan menghebohkan.

Penampilan kendaraan masing-masing stand yang merupakan keluaran terbaik mereka memberikan daya tarik tersendiri. Seperti Mobil Offroad dengan penampilan Ban Komodo dari GT Radial, menarik karena ide yang dihasilkan untuk membuat ban ini asli dari pemikiran lokal dari Kaki Komodo. Seperti ini yang seharusnya terus digalangkan, menggunakan potensi dan pemikiran lokal ke-Indonesia-an untuk bersaing di ranah global.

Karena penampilannya gagah beberapa kendaraan otomotif ada beberapa yang menarik yang sempat saya ambil, lebih banyak malah. Ini beberapa fotonya yang lain :

TVS Apache Sport Fairing dengan SPGnya

Mobil Balap Lotus Top 1 Team

Suzuki GSX-R 750

Versys Kawasaki

Pesta Hadiah dan Diskon Bertebaran

Kupon-kupon diskon dan hadiah

Pekan raya jakartaSalah satu yang dicari tentunya adalah diskon setiap event seperti ini apalagi namanya hadiah yang gratis pula. Para penyelenggara pun selalu memberikan banyak kupon gratis, maupun diskon menggiurkan. Beberapa stand dengan publikasi besar-besar memberitaukan harga diskonnya supaya menarik khalayak ramai. Komponen komputer pun juga  digelantungkan hanya dengan seutas tali rafia untuk barang-barang diskon.

Pesta Diskon yang diuber-uber

Penampilan Ungu

Malam Minggu (09/07) Panggung Utama PRJ diisi oleh Band Terkenal, siapa lagi kalau bukan Ungu. Pasha dan kawan-kawan dengan performa menarik perhatian ribuan penonton PRJ ini, berjejalan di depan panggung. Beberapa lagu hits dari Ungu sepertinya menghipnotis para penonton untuk ikut larut dalam lagu-lagunya disertai taburan cahaya yang cantik sampai di langit-langit Jakarta.

Pekan yang Kinclong

Satu hal yang juga menarik saya lihat dari pameran terbesar ini adalah kebersihan. Tak pernah saya melihat penyelenggaraan pameran sebersih ini, apalagi dengan jutaan manusia diperkirakan memadati event ini. Salut dengan penyelenggara, sampah berserakan sepertinya tak ada, sudah dibabat habis oleh para petugas kebersihan. Bahkan beberapa dari mereka ikut berjoget menikmati penyelenggaraan ini, walaupun sedang mengepel atau memungut sampah-sampah. Tentunya sebagian besar pengunjung juga terlihat selalu membuang sampah pada tempatnya.

Pekannya Kerak Telor

Hal reguler yang juga sering terjadi setiap penyelenggaraan PRJ ini adalah Parade Penjual Kerak Telor yang ikut berpartisipasi di depan JIExpo untuk menjajakan kerak telor, makanan khas Jakarta. Apalagi sekarang jarang saya menemukan penjual kerak telor yang berkeliling di lingkungan Jakarta. Ini adalah kesempatan emas untuk mencicipi manis dan enaknya kerak telor.

Pestanya Indonesia

Yang jelas event pameran terbesar yang diselenggarakan untuk memeriahkan ulang tahun Jakarta ke 484 tahun ini, merupakan pesta, bukan hanya warga Jakarta tapi juga sekitarnya Seluruh Indonesia. Bahkan Dunia pun mengakuinya sebagai pesta yang pengujungnya patut mendapat rekor. Walaupun di dalamnya memang masih untuk kalangan menengah dan kalangan menengah atas, namun menjadi alternatif pilihan liburan serta berbelanja selain di mall.

Pesta yang walau penutupannya malam ini (10/07) akan tetap terngiang di hati warga Jakarta dan semuanya. Dan akan dinanti-nantikan kelangsungnya di tahun depan.

Itulah pengalaman pertama saya menghadiri namanya PRJ (Pekan Raya Jakarta). Dan tentunya banyak hal lain yang sepertinya tidak cukup diceritakan dalam sebuah postingan saja. Butuh banyak postingan.

Selamat dan Sukses PRJ, sampai ketemu di 2012!

Selamat Ulang Tahun Jakarta!

This entry was posted in Event and tagged , , . Bookmark the permalink.

20 Responses to Pekan Raya Jakarta, dari Mobil Balap sampai Kerak Telor

  1. Sugeng says:

    Walah benar-benar pesta yang memanjakan para pengunjungnya, saya sendiri tida pernah seklipun main kesana.
    ***kapan ya di daerahku ada yang seperti ini ya ???***

    Salam hangat serta jabat erat selalu dari Tabanan

  2. Uchan says:

    Belom digarap yg the untold story, model2 premanisme luar pagar sama parkiran yg njelimet :lol:

    untuk harga, beberapa barang mungkin terkesan murah. Tapi ternyata setelah dicek di luar memang segitu. Kayak sepatu League (sponsor) yang harganya 100rb atau buy one get one, di Carrefour memang segitu. Modem SMART yg harganya 199rb, ternyata di gerai2 SMART juga segitu.

    Tapi di tanggal2 akhir (9-10 Juli) memang katanya diskon gila2an

  3. arul says:

    kalo model parkir model preman sih saya ngak dapat masalah, jadi ngak bisa cerita. Namun katanya hal itu sudah diberantas sama pihak berwajib setelah mendapat laporan di awal2 PRJ kan.

    Kalo memang tidak jeli sih, ada memang beberapa harga yang diskon tapi ternyata harganya dengan di luar dan ada beberapa barang memang diskon tinggi kok.

  4. arul says:

    Semoga diadakan di Bali sana ya

  5. mbah sangkil says:

    aku gak terlalu suka berada di tempat2 yang sangat ramai seperti itu sih, apalagi pas lihat liputan di tv mau masuk aja ngantrinya sampai mengular, belum lagi kemacetan menuju kesana.

    btw selamat rul sudah bisa ikut berpartisipasi di kemeriahan PRJ

  6. mbah sangkil says:

    jadinya kamu belanja apa aja disana rul?

  7. arul says:

    oh iya lupa tampilkan gambar, beli celana sebiji doang, sisanya foto-foto, liat fenomena PRJ.

  8. @9ede says:

    katanya kalau beli makanan harganya selangit ya ?
    kemarin jadi mikir mikir kalo diajak temen ke prj, gara gara ada info preman…

  9. arul says:

    untungnya ngak makan di sana, jadi ngak bisa cerita tentang makannya. Preman? seperti komentar saya sebelumnya, tidak mendapati, barang kali sudah dibersihkan.

  10. @9ede says:

    hmm jadi agak nyesel juga ga kesana tahun ini.. seumur umur belom pernah ke prj :D

  11. rame donk…senengnya,,,aku belum pernah kesna nih

  12. aRai says:

    aaarrrggghhhh … aku masih lom bisa dateng ketempat ini #lemparcelanadalam

  13. arul says:

    tahun depan mas, sampean bisa lempar celana dalam di sana :)

  14. arul says:

    ramai banget, bisa melihat jakarta banjir manusia di sana

  15. sibair says:

    loh mas arul juga nulis disini toh :D

  16. pututik says:

    selamat ya arul, semoga blackberrynya bermanfaat :D

  17. dewie says:

    selamat ya, udah menangin kontest :)

  18. genksukasuka says:

    selamat yah om

  19. Blogger Java says:

    Selamat ya mas, atas kemenangnannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>