Pallumara Pelangi, Nyamanna!

Cerita tentang Pallumara, Makan Khas Makassar

Mencari masakan khas daerah di Ibukota Jakarta tentunya banyak tempat menawarkan berbagai kekhususan masakan daerah. Baik dari ujung Sumatera sampai cita rasa masakan dari Indonesia Timur. Namun mencari yang rasanya paling enak, itu yang menjadi rasa penasaran tinggi.

Sulawesi Selatan sendiri dikenal memiliki banyak ciri masakan yang khas, masakan sampai dengan kue dan minumannya. Masakan yang bercita rasa kecut dengan perasan jeruk nipis dan cabe pedas serta rempah-rempah alaminya yang beradu dengan lidah. Kebanyakan orang mengenal Coto Makassar atau Sop Konro dengan daging serta kuah berbumbu yang menyengat lidah.

Dari sekian banyak itu, satu lagi makanan khas dari Sulawesi Selatan yaitu Pallumara. Pallumara yang enak dan patut direkomendasikan ada di Resto Seafood Pelangi yang terletak di Jalan Wahid Hasyim No. 81, berjarak kira-kira 100 meter sebelah kanan Sarinah Jl. MH Thamrin melewati depan Theater Jakarta. Di sekitar jalan tersebut, termasuk jalan Sabang juga banyak tempat makan enak baik di dalam ruangan maupun di pinggir jalan berjejalan.

Pallumara banyak juga orang menyebutkannya dengan nama sop ikan terdiri dari kuah kuning kunyit yang menyengat lidah dengan rasa yang khas dengan lauk dasarnya ikan laut yaitu bandeng. Sulawesi Selatan juga terkenal dengan masakan lautnya. Barang kali seperti orang yang sering mengkonsumsi daging  ayam, seperti itulah di sana, ikan menjadi konsumsi utama, maklum saja daerah yang dikelilingi laut serta nenek moyangnya seorang pelaut.

Masakan Pallumara ini juga menjadi rekomendasi bagi yang tidak suka daging sapi dan sejenisnya dapat mencicipi masakan satu ini. Atau mereka yang sedang dilarang dokter makan daging hewan, makanan ini salah satu pilihan tepat agar tetap makanan kita bercita rasa tinggi.

Disajikan satu porsi untuk 2-5 orang dengan wadah masakan beserta perapian kecilnya sehingga panasnya menambah kesegaran dalam menikmatinya. Menyeduh kuahnya saja sudah nikmat apalagi mencicipi ikannya, slurp.

Nilai gizi daging ikan seperti kita ketahui cukup tinggi yang tanpa tulang itu dikunyah dengan empuknya di lidah, campuran rasa yang menggugah selera makan. Cabenya yang dimasak bersama dengan ikan dan kuahnya itu kemudian diulek di mangkok atau piring yang kita gunakan untuk makan memberikan cita rasa pedas yang menggugah.

Tempat makan ini menjadi  pilihan bagi para pendatang dari Makassar atau Sulawesi Selatan yang ingin merasakan masakan khas daerahnya. Terlihat dari beberapa pengunjungnya silih ganti berdatangan beberapa di antaranya menggunakan logat kental Makassar. Atau orang-orang yang sudah terlanjut cinta masakan cita rasa Makassar dan tentunya para pencinta wisata kuliner pasti akan ketagihan dengan Pallumara ini. Tunggu apalagi.

Jikalau ingin memberikan nilai, Pallumara di Resto Seafood Pelangi ini tiada duanya, PERFECT! 

Nyamanna!

(ungkapan khas makassar)

Alamat :

Restoran Seafood Pelangi
Jl. Wahid Hasyim No. 108, Jakarta

This entry was posted in Kuliner and tagged , , , . Bookmark the permalink.

5 Responses to Pallumara Pelangi, Nyamanna!

  1. Wow… Arul mereview kuliner juga hehe..
    Tanya, apakah Resto Pelangi ini yg deket jalan Sabang?

  2. arul says:

    belajar mas, dan menikmati. Sudah beberapa kali makan, rasanya perlu direview.
    Iyah betul yang dekat jalan Sabang.

  3. Harapan says:

    nyamanna. tassiaga?

  4. arul says:

    @harapan : mahalki, hampir 100rb kayaknya tapi porsi 2-5 orang :D

  5. Pingback: Kebebasan Berekspresi di Internet | Arul

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>